Pemasaran Produk dengan Iklan

 

Tak bisa dipungkiri jika strategi pemasaran dengan media iklan, masih sangat berpengaruh terhadap penjualan suatu produk. Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi antara produsen dan konsumen, yang bertujuan untuk menginformasikan dan mempromosikan suatu produk atau jasa, serta mempengaruhi publik untuk membeli suatu produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan oleh produsen.

Dengan adanya iklan, produsen tidak perlu mempromosikan produknya secara langsung kepada konsumen. Karena sekarang sudah banyak media iklan yang dapat digunakan untuk promosi. Bahkan media yang digunakan pun cukup bervariasi, mulai dari iklan yang berbayar sampai iklan gratis dapat digunakan produsen sebagai media yang membantu promosi produk atau jasa.

Media yang sering digunakan untuk iklan yaitu media cetak dan media elektronik. Beberapa contoh media cetak yang dapat digunakan untuk mengiklankan produk ataupun jasa misalnya billboard, mobile billboard, baliho, spanduk, backdrop, banner, poster, pamflet, buklet, katalog, leaflet, kartu nama, serta pemasangan iklan di media massa seperti majalah, tabloid, dan surat kabar. Sedangkan untuk media elektronik, pemasangan iklan dapat dilakukan melalui televisi, radio, dan internet.

Penggunaan strategi pemasaran melalui iklan, secara tidak langsung memberikan banyak manfaat bagi produsen. Peran iklan antara lain dapat membantu produsen untuk mengenalkan produknya kepada konsumen, menginformasikan mengenai kelebihan dan manfaat produk, menarik minat konsumen untuk membeli produk, meningkatkan penjualan produk, membangun citra produk di mata konsumen, dan mengatasi masalah persaingan pasar yang cukup ketat.

Namun agar pemasaran produk dengan iklan sukses, sebaiknya Anda menciptakan iklan yang efektif dan menarik minat konsumen.  Untuk menghasilkan iklan yang menarik dan efektif, Anda perlu memperhatikan hal-hal penting berikut ini:

  • Usahakan pesan atau informasi penting mengenai produk tersebut jelas dan tepat sasaran. Karena sebagian besar produsen, hanya menginformasikan keunggulan produk saja. Sehingga cara penggunaan, harga produk, serta tempat pembelian malah terlewatkan.
  • Gunakan pilihan kata yang menarik, sopan dan mampu meyakinkan konsumen untuk membeli produk Anda. Jadi setelah melihat iklan tersebut, konsumen akan langsung termotivasi untuk membeli produk tersebut.
  • Lakukan riset kepada konsumen mengenai hal-hal yang dapat menarik minat mereka. Sehingga apa yang diinginkan konsumen dapat Anda jadikan sebagai inspirasi pembuatan iklan yang menarik dimata konsumen.
  • Dan yang terpenting, hindari kata-kata yang dapat menyinggung golongan tertentu atau produsen lainnya. Banyak iklan yang sengaja menjatuhkan atau menyinggung produsen lain, hanya untuk menunjukan keunggulan produknya. Namun iklan semacam ini, malah tidak disukai oleh konsumen.

Strategi pemasaran produk dengan iklan yang menarik, akan sangat membantu penjualan produk Anda. Semoga informasi pemasaran bisnis pekan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Salam sukses.

 

Sumber : Bisnisukm.com

 
 
 
 
Riaupromo.com - situs promosi Riau
 
website