Motivasi : Kalau Gigih, Pasti Sukses

Oleh: Anthony Robbins

Kunci Sukses. Banyak orang berkata, “Saya telah mencoba ribuan kali, tetapi gagal juga. “Sebagian besar orang berulang kali berusaha mengubah hidup, dan ketika gagal, biasanya terus menyerah.
Kunci suksesnya adalah menentukan apa yang paling penting dan lakukan setiap hari untuk menyempurnakan, sekali pun terkesan tidak berhasil.
Contoh. Pernahkah mendengar nama Kolonel Sanders? Tentu. Bagaimana Kolonel Sanders bisa sukses dengan gemilang? Apakah karena lahir sudah kaya? Apakah sekolah di universitas top, seperti Harvard? Memulai bisnis sejak muda? Benarkah ini?

Jawabnya, tidak. Kolonel Sanders baru sukses setelah berusia 65 tahun! Apa yang dilakukan? Ia mendapatkan cek jaminan kesejahteraan senilai $105. Cek tidak dihamburkan. Ia bertanya dalam hati, “Apa yang dapat dilakukan dengan cek ini agar berguna bagi orang lain? Apa imbalan yang dapat diberikan?”

Jawaban pertama adalah, “Saya punya resep ayam goreng yang disukai banyak orang! Bagaimana jika di jual ke restoran? Untungkah?” kemudian ia berpikir, “Ini lucu. Menjual resep tidak akan cukup untuk membayar sewa rumah.” Kemudian ia mempunyai gagasan baru: “Bagaimana jika saya menjual resep dan menunjukkan cara masak ayam yang benar? Bagaimana jika jualan ayam goreng bagus lalu meningkatkan bisnis mereka? Jika banyak orang membeli dan mereka laris, mungkinkah menerima royalti?”

Banyak orang mempunyai gagasan cemerlang. Tetapi Kolonel Sanders berbeda. Ia bukan orang yang berangan-angan belaka. Tetapi juga bertindak. Ia pergi dan mulai menawarkan resep, “Saya punya resep ayam goreng. Jika anda menggunakan resep ini, tentu penjualan akan melonjak. Sebagai imbalannya, saya cukup di kasih royalti dari setiap kenaikan penjualan saja.”

Banyak orang menertawakan. Mereka berkata, “Hai, kakek jelek, pergi dari sini! Udah tua, jelek, nawarin ide gila, lagi!” Apakah Kolonel Sanders menyerah? Tidak. Ia punya kunci sukses. Yakni, personal power (potensi pribadi). Artinya, tabah berusaha, ia gigih. Setiap berbuat sesuatu, anda mendapatkan hikmah guna mendapatkan cara yang lebih baik. Kolonel Sanders juga demikian. Walau di cemooh di restoran pertama, ia berusaha mencari cara yang lebih baik meyakinkan restoran berikutnya.

Berapa kali Kolonel Sanders ditolak? Ia pernah ditolak 1009 kali. Ia pernah meluangkan waktu 2 tahun menjelajahi Amerika dengan mobil tua, tidur di mobil, dan bangun pagi dengan kondisi siap menawarkan gagasan dengan restoran baru. Bahkan makanan yang ia punyai hanyalah contoh ayam goreng untuk para pemilik restoran. Berapa banyak orang yang tabah ditolak hingga 1009 kali selama dua tahun? Sedikit sekali. Oleh karena itu, hanya ada satu Kolonel Sanders. Saya kira setiap orang tak akan kuat ditolak hingga 20 kali! Tetap inilah yang menyebabkan sukses.

Jika anda mengkaji orang sukses, ada kesimpulan umum. Yakni, mereka tidak pernah ditolak. Tidak ada yang menghalangi visi dan tujuannya. Tahukah bahwa Walt Disney ambruk 302 kali sebelum membiayai proyek Disney Land? Semua bank menganggap ia gila. Sebenarnya ia tidak gila. Tetapi konseptor yang bagus dan teguh dalam merealisasikan visi. Kini jutaan orang menikmati Disney Land, dunia yang dibuat oleh satu orang.

Ketika tinggal di apartemen kecil, mencuci piring di kamar mandi, saya selalu tabah. TIDAK ADA PROBLEM YANG ABADI. TIDAK ADA PROBLEM YANG MEMPENGARUHI SELURUH HIDUP. PROBLEM AKAN HILANG JIKA SAYA BERTINDAK POSITIF, BULAT, DAN KONSTRUKTIF. Saya terus berpikir, “Meski hidupku sengsara sekarang, ada banyak hal yang perlu di syukuri, misalnya dapat bebas bernapas.” Saya selalu memfokuskan pada apa yang saya inginkan. Yakni solusi, bukan problem. Tidak ada problem yang mempengaruhi seluruh hidup saya, meski sekarang terkesan terpengaruh.

Saya tidak percaya hidup saya sengsara karena tidak punya banyak uang. Sebenarnya tidak ada masalah, tetapi baru dalam proses. Artinya, jika terus berbuat dengan benar, tentu hasilnya bisa dipetik. Lagi pula mengerjakan sesuatu yang sama berulang kali sambil mengharapkan hasil yang berbeda adalah mustahil. Saya harus mencoba hal baru, dan terus mencoba sampai menemukan hasil yang diharapkan. sampai sukses.

Pesan saya sederhana. Hati nurani anda juga tahu. Usaha menggapai tujuan yang konsisten, menyeluruh, disiplin, dan fleksibel akan membuahkan hasil yang diinginkan, asalkan anda yakin setiap masalah ada solusi. Anda harus memfokuskan perbuatan hari ini, sekalipun kecil.

sumber: Notes From a Friend

 

 
 
 
 
Riaupromo.com - situs promosi Riau
 
website