Menggali  Potensi Diri

Oleh : Johanes Ariffin Wijaya

 

Saya dan Potensi Diri Saya

Pada dasarnya setiap manusia memiliki kekuatan dan potensi dirinya masing-masing. Tapi sampai saat ini masih banyak yang belum menyadari potensi di dalam dirinya sendiri. Padahal potensi setiap orang sangat menunjang kesuksesan hidupnya jika kita tahu dan diasah dengan baik. Nah, kalau Anda ingin mengetahui potensi diri Anda, coba ikuti tips berikut:

Kenali diri sendiri

Coba buat daftar pertanyaan, seperti: Apa yang membuat Anda bahagia; Apa yang Anda inginkan dalam hidup ini; Apa yang menjadi kelebihan dan kekuatan Anda; dan apa saja yang menjadi kelemahan Anda. Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut secara jujur dan objektif. Mintalah bantuan keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan Anda.

Tentukan tujuan hidup/Impian

Tentukan tujuan hidup Anda baik itu tujuan jangka waktu pendek, menengah maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi Anda. Menentukan tujuan yang jauh boleh saja asal diikuti oleh semangat untuk mencapainya. Tujuan itu harus SMART, (Spesifik, harus jelas, misalnya Anda mau Menjadi Penyanyi, Penyanyi apa, Penyanyi Pop, Dangdut, Rock, atau apapun, harus jelas/spesifik, Meausarable, ada ukuran kesuksesan, misalnya ikut Indonesian Idol, ikut KDI, dll, Achieveable, dapat dicapai, sesuai dengan kompetensi dan kemampuan Anda, Resonable, ada alas an kenapa harus memiliki tujuan tersebut, misalnya ingin membanggakan kedua orang-tua, dan yang terakhir ada Timeablenya, ada waktunya berapa lama untuk mencapai tujuan hidup Anda tersebut).

Kenali motivasi hidup

Setiap manusia memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Coba kenali apa yang menjadi motivasi hidup Anda, apa yang bisa melecut semangat Anda untuk menghasilkan karya terbaik dan sebagainya. Sehingga Anda memiliki kekuatan dan dukungan moril dari dalam diri untuk menghasilkan yang terbaik, misalnya karena kekuatan cinta dari orang tua, Anda ingin membahagiakan orang tua Anda, Anda ingin memberangkatkan orang tua untuk Naik Haji, ada juga karena kecintaannya kepada anaknya, dll.

Buang Pikiran Negatif, Isi Pikiran Positif

Buang semua pikiran-pikiran negatif yang bisa menghambat langkah Anda mencapai tujuan. Setiap kali Anda menghadapi hambatan, jangan memiliki alas an dengan menyalahkan orang lain. Lebih baik coba evaluasi kembali langkah Anda mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Kemudian mulai kembali jika Anda telah menemukan jalan yang mantap.

Jangan mengadili diri sendiri

Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam mencapai tujuan Anda, jangan menyesali dan mengadili diri sendiri terlalu lama. Hal ini hanya akan membuang waktu dan energi. Bangkit dan tataplah masa depan. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju, itulah sebabnya kaca spion lebih kecil dari kaca mobil depan, karena kaca spion hanya untuk dilihat sekali-kali, jadi kegagalan merupakan pengalaman yang berharga saja, boleh dilihat sekali-kali saja.

Kini Anda sudah tahu kan cara mengetahui potensi diri Anda? Ingat, potensi Anda adalah kekuatan Anda untuk menggapai sukses. So, mulai sekarang ketahuilah dan galilah potensi diri Anda. Semoga sukses..!

Kalau Anda tahu potensi Anda sebagai seorang penulis, gali dan temukan potensinya, jika Anda tahu potensi diri Anda menjadi seorang pelukis, segera gali dan segera temukan potensi, segera Action untuk menjadi yang terbaik dan sukses.

Salam Antusias

 

Sumber : www.Curhat.com

 
 
 
 
Riaupromo.com - situs promosi Riau
 
website