Jangan Buat Kesalahan Bisnis Ini !

Banyak pebisnis, baik di bisnis internet maupun bisnis offline, baik yang berhasil sehingga kemudian usaha yang dilakoninya bisa berkembang pesat; ataupun sebaliknya justru akhirnya bankrut, pernah membuat kesalahan bisnis. Mereka yang kemudian sukses adalah yang berhasil belajar dari kesalahannya. Sebaliknya mereka yang bangkrut, tak sempat untuk segera memperbaiki kesalahan yang sudah mereka buat.

So, pada posting kali ini terangkum pelajaran bisnis dari kesalahan yang pernah dibuat. 

  1. Jauh dari konsumen. Kadang ketika seseorang sudah mulai sukses, mereka kian jauh dari konsumen. Padahal saat itu mulai terjadi, berarti kejatuhan bisnis dimulai. Sebab anda tak tahu apa kebutuhan dan keinginan konsumen yang sedang berkembang. Dan itu seperti membiarkan “bisnis anda menggali kuburannya sendiri”.
  2. Kurang fokus. Banyak usaha yang kemudian bergelimpangan karena kehilangan fokus. Mereka tidak fokus pada core bisnis-nya. Sehingga kemudian bisnis inti-nya tidak berkembang dan hal itu sangat mengacaukan konsep bisnis yang dirancang semula.
  3. Salah rekrut SDM. Kesalahan bisnis lainnya adalah pada rekrutmen SDM. Ketika Anda tidak mendapatkan orang yang tepat untuk jenis pekerjaan yang harus ditangani. Ini jelas akan berpengaruh terhadap performa perusahaan yang anda bangun.
  4. Terobsesi bisnis cepat besar. Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan pebisnis adalah terlalu terobsesi membuat bisnisnya itu tumbuh sangat cepat dan besar. Akibatnya, tak sedikit yang kemudian nekad untuk pinjam sana pinjam sini untuk mengembangkan cabang sampai kemana-mana. Padahal bisnisnya baru seumur jagung.
    Kalau menurut saya, tujuan awal bisnis terpenting adalah membangun bisnis yang menghasilkan keuntungan, bukan bisnis yang besar. Karena dari keuntungan tersebut, bisnis bisa berkembang dan menjadi besar.
  5. Kesalahan keuangan. Manajemen keuangan yang buruk bisa menjadi penyebabnya gulung tikarnya sebuah bisnis. Tak terkontrolnya keuangan menyebabkan sendi-sendi bisnis lumpuh satu per satu.
  6. Tidak punya visi dan strategi. Saat seorang pemilik bisnis tak punya visi dan strategi bagaimana mengembangkan bisnis, itu berarti saatnya bisnis tersebut akan jalan di tempat, mandeg, dan tak akan kemana-mana.

Saat anda mulai membangun bisnis, pasti anda inginkan bisnis tersebut sukses. Karena itu belajar dari kesalahan bisnis yang pernah dibuat amat penting. Agar anda tak perlu melalui kekeliruan yang pernah dilakukan orang lain, dan anda tak perlu menjadikan bisnis tersebut sebagai tumbalnya.

Ada kesalahan bisnis lainnya yang belum disebut? Silakan bagikan pengalaman anda dengan berkomentar di bawah ini. Salam ACTION!

Sumber : Jokosusilo.com

 
 
 
 
Riaupromo.com - situs promosi Riau
 
website