Cara Melakukan Riset Pasar Menggunakan Google Insight

Anda ingin mencari peluang bisnis apa yang paling potensial di bulan Ramadhan ? Tentunya sebelum memulai bisnis, seseorang harus  mengawalinya dengan melakukan riset pasar, sesederhana apapun tetap harus  riset dulu.  Secara umum riset pasar sering  dilakukan dengan melakukan survey keliling di Mall - mall dan pasar , menanyakan para responder, mencatat hasil dan menganalisanya. Butuh kesabaran dan pengorbanan waktu, tenaga dan biaya.  

Saat ini anda dapat melakukan survey pasar cukup dari Laptop di meja anda. Google telah menyediakan layanan survey pasar secara online.  dalam hal ini  menggunakan salah satu tools gratis yang disediakan oleh Google, yaitu Google Insight. Google Insights for Search merupakan  sebuah  layanan dari  Google yang dapat membantu kita  untuk  mencari sebuah  keyword atau kata kunci   dari semua hasil pencarian di seluruh di seluruh dunia atau kawasan tertentu  pada  mesin pencari Google.  Kita dapat  mengetahui kata kunci berdasarkan :  Kategori, Daerah dan  rentang Waktu. Adapun  kata kunci yang dicari  bisa mencakup nama website, informasi, maupun produk. Hasil   pencarian yang terlihat  menunjukkan  tingkat   grafik dari   kata kunci yang dicari  ataupun yang sedang populer   dicari orang  pada  mesin pencari Google.


Berikut ini cara riset pasar menggunakan Google Insights. Pertama, ketik alamat URL berikut :  www.google.com/insights/search/ 

Misalnya di bulan Ramadhan anda ingin melakukan riset pasar tentang Shopping di seluruh kawasan Indonesia dalam 30 hari terakhir. Keyword apa yang terbanyak dicari orang di Google. Maka akan muncul tampilan berikut ini :

 
Setelah entry dimasukkan, tekan Penelusuran

Maka muncul tampilan berikut ..




Dalam grafik yang tampil tersebut ternyata keyword terbanyak yang tengah dicari saat ini adalah Baju. Artinya apa ? Artinya bahwa selama bulan Ramadhan ini kata kunci Baju banyak di cari orang di Google. Ini adalah suatu peluang bisnis yang potensial bagi anda yang ingin bisnis  selama kurun waktu 30 hari seputaran bulan Ramadhan. Selanjutnya kita ingin tahu Baju apa yang paling banyak dicari ?

Rubah lagi kategori penelusuran dengan mengetikkan kata Baju.

Lakukan kembali  Penelusuran...

maka muncul data Bar ( dibawah Grafik ) :

 

Ternyata kata kunci pencarian terbanyak adalah :

1. baju muslim

2. model baju

3. model

4. baju 2012

dst....dengan wilayah pencarian terbanyak Kalimantan Timur, diiringi wilayah lainnya di Indonesia  dan pencarian melejit ( grafik pencariannya meningkat tajam ) selama Ramadhan ialah :

1. baju lebaran

2. baju lebaran 2012

3. baju koko

dst...

Nah, anda sudah tahukan caranya survey pasar menggunakan Google Insights.  Mudah bukan ?

Mungkin muncul pertanyaan,apakah sama keyword pencarian dengan produk nyata yang banyak dicari orang di dunia 'offline' ? Jawabanya, sama. Karena di era internet saat ini hampir tidak ada beda antara pencarian 'off line' maupun 'online'.  Bukankah ketika butuh atau mencari sesuatu, sebelum mencarinya ke pasar, orang akan mencari tahu dahulu di internet ( Search engine maupun Jejaring sosial ), baik harga, mutu dan spesifikasi  serta penjualnya.

Selamat melakukan survey pasar dari Laptop di meja anda !

 

 

 
 
 
 
Riaupromo.com - situs promosi Riau
 
website