Tokoh Sukses Bisnis Online Indonesia

 

Bisnis online semakin marak akhir-akhir ini. Hal ini terjadi karena bisnis online dinilai memiliki lebih banyak keuntungan dibandingkan bisnis konvensional lainnya. Banyak pengusaha bisnis online yang sukses dalam bidang usahanya. Salah satu tokoh pebisnis yang sukses dalam bisnis ini adalah Hendrik Tio. Hendrik Tio merupakan tokoh bisnis online yang sukses berkat bisnisnya yang berbasis e-commerce. Mulai mendirikan perusahaan di tahun 1993, dia mendirikan perusahaan Bhinneka dengan modal awal Rp. 100 juta. Bhinneka.com saat ini telah dikenal luas di kalangan pemburu komputer dunia maya dan kebanyakan dari mereka adalah anak-anak muda yang merupakan penggemar internet. Jumlah pengunjung website ini setiap harinya mencapai 50 ribu pengunjung per hari. Umumnya mereka mencari spesifikasi hardware komputer yang diinginkan dan nilai tambahnya adalah kemudahan transaksi melalui kartu kredit ataupun internetbanking.

Untuk urusan online store pun Hendrik dan timnya memakai strategi dengan memasang iklan di google adsens dan amengikuti pameran yang juga lebih mengarah pada produk yang mereka distribusikan., misalnya Roland digital printing atau mewakili HP di pameran-pameran. Untuk biaya pengiklanan ini dalam setahun mereka dapat menghabiskan dana sekitar Rp. 100 juta. Visi yang diusung Hendrik dan timnya dalam memperjuangkan Bhinneka Online adalah ”To be Indonesian’s No. 1 Webstore.”

Perusahaan Bhinneka.com berfungsi sebagai pricegrabber di tanah air. Pengunjung yang melihat situs ini dapat melihat harga di web dan belanja di toko sebelah. Namun Hendrik dan timnya percaya bahwa pengunjung akan tetap datang, bahkan Bihnneka.com dijadikan rujukan oleh KPK jadi dia dan timnya telah ikut membantu dalam menangani pengurangn korupsi di negara ini. Saat ini Hendrik Tio mempunyai jumlah staff sampai 215 orang di seluruh perusahaan Bhinneka.com dan omzet sekitar Rp. 200 milyar setahun, untuk transaksi yang ditangani secara online (100% click and buy) sekitar 700 hingga800 transaksi per bulannya. Maka tidak mengherankan jika Bhinneka.com masuk dalam jajaran 100 besar website Indonesia dan peringkat situs ini terakhir berada di posisi 79 mengacu pada alexa.com. Jika dari website Bhinneka.com online omset yang diterima sekitar 2% tapi efek tidak langsung yang dirasakan berkat kehadiran online store tersebut membuat banyak pelanggan mengunjunginya lalu berbelanja.

 

Sumber : Infousahaku.com

 

 
 
 
 
Riaupromo.com - situs promosi Riau
 
website