Kesuksesan pendiri Facebook.com

 

Mendirikan situs jejaring social Facebook.com  ketika  masih menjadi mahasiswa di Oxford University.  Kini Facebook.com  telah memiliki  anggota lebih dari  500  juta  pengguna   di seluruh  dunia.  Menurut seorang sumber Bloomberg, kini   harga saham Facebook di SecondMarket Inc.- bursa tempat transaksi saham-saham perusahaan yang masih tertutup- telah mencapai lebih dari 16 dollar per saham. Dengan harga segitu, total nilai Facebook telah mencapai 41 miliar dollar AS (sekitar Rp 369 triliun). Angka ini telah melewati nilai situs lelang online eBay di bursa Nasdaq yang hanya 39,3 miliar dollar AS.

Nilai Facebook itu hanya kalah dari Amazon.com Inc. dan Google Inc. Kini, nilai Amazon mencapai 74,4 miliar dollar AS, sedangkan nilai Google 192,9 miliar dollar AS.

Berawal dari kamar asramanya di Harvard, Zuckerberg bersama beberapa temannya meluncurkan situs pertemanan ini pada tanggal 4 Februari 2004, sedangkan nama facebook diambil dari direktori alumni Phillips Exeter Academy yang pernah mereka buat, yaitu semacam buku kelulusan atau buku angkatan kalau dikita, yang berisi nama, alamat, nomor telepon termasuk photo serta identitas lainnya yang dapat diakses oleh anggotanya secara online, dan para siswa menyebutnya “The facebook” itulah cikal bakal terbentuknya situs jejaring social yang kini penggunanya mencapai 600 juta lebih di seluruh dunia.

Dalam bulan pertama facebook telah menjaring tak kurang dari setengah mahasiswa Harvard. Pada awalnya facebook diciptakan ekslusif untuk mahasiswa Harvard akan tetapi lama-lama diperluas ke kampus-kampus lain, sekolah menengah bahkan ke kantor-kantor hingga pada September 2006 facebook resmi dibuka untuk umum usia 13 tahun keatas.

Facebook berkembang menjadi situs paling popular mengalahkan situs serupa MySpace bahkan menyaingi raksasa search engine seperti
Google dan Yahoo, dengan jumlah pengunjung jutaan perbulan. Di Indonesia jumlah pengguna facebook mencapai 24 juta atau sekitar 10 persen dari total penduduk Indonesia dan menempati urutan terbesar kedua setelah Amerika Serikat.

Kini facebook mempekerjakan lebih kurang 1.700 karyawan yang tersebar di 12 kantor cabang di seuruh dunia, sayang kantornya belum ada di Indonesia. Sumber pendapatan facebook seluruhnya dari penayangan iklan, raja software Microsoft adalah pengiklan utama
facebook.

Sumber :
Wikipedia Indonesia [http://id.wikipedia.org/wiki/Mark_Zuckerberg]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



 
 
 
 
Riaupromo.com - situs promosi Riau
 
website