Tingginya Potensi Bisnis di Riau

Laporan ERWAN SANI, Pekanbaru
erwansani@riaupos.com

Riau menjadi salah satu provinsi yang pertumbuhan ekonominya yang sangat pesat. Berbagai sektor ekonomi berkembang. Gairah bisnis pun menggeliat di daerah ini, mulai dari perkebunan, jasa hingga jasa kontruksi.

Secara nasional Provinsi Riau merupakan salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Sumatera bagian tengah. Oleh sebab itu, berbagai jenis usaha yan ada di Provinsi Riau bermunculan bagaikan jamur. Mulai dari perkebunan, minyak, real estate, wisata kuliner, pusat perbelanjaan, traveling hingga usaha kecil menengah dan kerajinan lainnya terus tumbuh dan berkembang sampai akhir tahun 2010 dan bakal lebih berkembang lagi tahun 2011 mendatang.

Bahkan untuk tahun 2011 mendatang yang sangat berkembang dengan cepat adalah usaha konturksi hal ini dpengaruhi bakal dilaksanakannya pesta olahraga  terbesar di Indonesia atau PON ke XVIII di Provinsi Riau tahun 2012 mendatang. Seperti dikatakan praktisi usaha Riau, H Muhammaddun Royan SE, bahwa perkembangan ekonomi di Riau tahun 2011 mendatang cukup menggembirakan.

‘’Pertumbuhan ekonomi terjadi dari segala sisi. Mulai dari jasa, real estate, kontruksi dan yang cukup maju adalah di bidang perkebunan,’’ kata mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Riau ini. Dikatakannya, untuk perkebunan dijamin perkembangannya sangat luar biasa, terutama di bidang perkebunan sawit. Bahkan diprediksi untuk tahun 2011 mendatang perkebunan kelapa sawit di Riau bisa menjadi terbesar dan terluas di Sumatera. ‘’Untuk saat sekarang saja, Riau sudah menjadi leader dan penghasil terbesar kelapa sawit di Indonesia. Dan produksinya lebih besar jika dibandingkan dengan Provinsi Jambi, Sumatera Utara dan daerah lainnya di SUmatera,’’ jelasnya.

Tumbuh dan berkembang dan menjadi sentral ekonomi diberbagai bidang usaha di Riau saat sekarang dibuktikan dengan banyaknya para pendatang. Bahkan para pendatang ini bukan saja para tenaga kerja produktif untuk mencari pekerjaan di Riau, akan tetapi para investor yang berupaya untuk mengembangkan dan mencari keuntungan besar dengan membaiknya perekonomian di Riau.

‘’Oleh sebab itu diharapkan, para pengusaha tempatan jangan ketinggalan untuk mengambil peluang ini. Dan diharapkan bisa bersaing dan bisa memegang peranan  untuk mengembangkan usaha dan bisa menjadi pemuncak dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Riau. Kalau pengusaha atau investor pendatang sudah jelas mereka datang untuk menang dan menjadi juara,’’ tegasnya.

Muhammadun juga menegaskan, dengan lajunya pertumbuhan ekonomi tahun 2010 ini dan diperkirakan tahun 2011 mendatang lebih tinggi lagi pertumbuhannya. Dengan begitu maka sudah bisa dipastikan ke depannya jumlah pendatang di Provinsi Riau ini nantinya lebih besar jika dibandingkan dengan jumlah penduduk tempatan. ‘’Itu realitas dan saat sekarang saja sudah terlihat dibeberapa kota dan kabupaten di Riau,’’ tegasnya.

Peluang Bisnis Jasa Konstruksi Terbuka
Sementara itu pengamat kontruksi dan juga pengusaha konturksi di Riau, Sugeng Wiyono, menegaskan untuk tahun 2011 mendatang pertumbuhan ekonomi terutama di bidang kontruksi sangat terbukan dan menjanjikan  jika dibandingkan dengan usaha lainnya. Apalagi, lanjutnya, untuk tahun 2011 mendatang Departemen Pekerjaan Umum (PU) saja bakal menggelontorkan anggaran cukup besar. Bahkan dari APBN tahun 2011 mendatang untuk PU anggarannya mencapai Rp54 triliun.

Dari puluhan triliun tersebut berdasarkan pemusatan anggaran setiap daerah, maka untuk Provinsi Riau saja bakal mendapatkan jatah anggaran mencapai Rp600-1 triliun lebih.  ‘’Ini baru anggaran dari APBN saja dan belum dari APBD Provinsi Riau dan kabupaten/kota,’’ tegas Sugeng lagi. Untuk APBD Provinsi Riau dan kabupaten/kota bakal mencapai triliunan juga.

Begitu juga anggaran untuk pembangunan kontruksi besar-besaran kabupaten/kota. Besarnya anggaran untuk membiayai kontruksi ini dalam upaya menyelesaikan berbagai fasilitas untuk mendukung pelaksanaan PON tahun 2012 mendatang. ‘’Jadi pertumbuhan ekonomi bakal menggeliat di daerah manapun jika faktor utama terutama pembangunan bidang infrastruktur digesa. Dengan begitu jasa kontruksi tetap menjadi leader dari segi apapun untuk kemajuan ekonomi di suatu daerah,’’ lanjut Dosen Universitas Islam Riau ini lagi.

Ditegaskannya, untuk Riau sendiri sebenarnya bagaikan perawan cantik yang di kejar-kejar banyak orang. ‘’Begitulah diibaratkan Riau saat sekarang. sebab Riau menjadi salah satu daerah yang pertumbuhan ekonominya sangat baik jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Sumatera bahkan di Indonesa. Jadi Riau saat sekarang hampi mendekati sebagai leader untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia.***

Sumber : Riaupos.com

 


 

 
 
 
 
Riaupromo.com - situs promosi Riau
 
website