Telkom Resmikan Kampung UKM Digital Sialang dan Gaharu kota Pekanbaru

RIAUPROMO – Menyongsong era pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN ( MEA ) yang sudah diambang pintu, Pemerintah Kota Pekanbaru bekerjasama dengan PT.Telkom Ridar melakukan pencanangan  UKM Goes Digital  yaitu dengan meresmikan Kampung UKM Digital pada 2 kelompok komunitas UKM di kota Pekanbaru yaitu kelompok UKM GAHARU dan UKM SIALANG. Kegiatan Launching yang dipusatkan di Jl Muhajirin / Jl. Guru, Kompleks Arengka Raya Residence Pekanbaru pada hari Kamis (28/4/2016).
 bertujuan meningkatkan akses promosi, pemasaran dan dan inovasi  pada 2 kelompok UKM tersebut. Kelompok UKM GAHARU maupun UKM SIALANG keduanya mengusung puluhan bahkan ratusan mitra  usaha mikro dan kecil di kota Pekanbaru dan sekitarnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Pekanbaru, Drs Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan sangat apresiasi terhadap upaya PT. Telkom yang membantu  UKM untuk  go digital dengan program  Kampung UKM Digital.

"Produk-produk dari UKM kita di Pekanbaru sebenarnya sudah  memiliki kualitas cukup bagus dan mampu bersaing hanya saja masih terkendala di beberapa hal seperti pemasaran. Nah dengan adanya program go digital ini akan lebih memudahkan UKM untuk bisa mempromosikan dan memasarkan produk-produknya secara online," kata Ingot.

 

Sementara itu ditempat yang sama, GM Telkom Ridar, M Syibli  menyampaikan paparannya, "Di kampung UKM Digital ini, Telkom menyediakan fasilitas Kampung Digital berupa  perangkat dan infrastruktur jaringan Telkom, access point Wi-Fi ID, fasilitas Broadband Learning Center yang juga sudah difasilitasi jaringan 100% fiber, serta sharing knowledge terkait ICT," ungkap GM Telkom Ridar tersebut.

Dikatakan Mohammad Syibli, Kampung UKM Digital Gaharu dan Sialang merupakan UKM Digital kedua dan ketiga di Pekanbaru dimana Kampung Patin di Kampar jadi project pertama.

"Program Kampung UKM Digital ini adalah pemberdayaan memanfaatkan ICT yang komprehensif dan terintegrasi menuju UKM yang maju, mandiri dan modern," lanjutnya.

Dijelaskan, alasan Telkom memilih kedua UKM ini adalah dilihat dari kesiapan adanya komunitas yang siap dikembangkan dan  ada akses untuk ke ITC.

 

Pada kesempatan tersebut Ketua UKM GAHARU Budi Hasibuan menyampaikan misi  dan cita-citanya untuk memproduksi berbagai produk turunan dari pohon Gaharu mulai dari parfum, teh, kopi, produk kecantikan, asesories dan puluhan produk lainnya untuk dapat dipasarkan di  mancanegara melalui system pemasaran yang semakin luas lewat Goes Digital ini.

Sementara itu ketua UKM Sialang, Riadi  juga menyampaikan berbagai harapan dan cita-citanya agar para pelaku UKM dapat semakin meningkatkan kemampuan dan daya saingnya melalui pemberdayaan teknologi ICT bagi UKM yang telah dicanangkan ini. (Yuz)

 
 
 
 
Riaupromo.com - situs promosi Riau
 
website