Perkuat UMKM, Telkom Luncurkan Program INDIPreneur

 INILAH.COM, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) meluncurkan kebijaksanaan baru yang bertujuan mendukung perkembangan bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Seperti apa?

Kebijaksanaan baru PT. Telkom itu berwujud program yang bernama INDIPreneur (Indonesia Digital Enterpreneur). Sebuah program dengan layanan menyeluruh yang mencakup penyediaan DNA-P (Device, Network, Application dan Platform).

Indipreneur merupakan bagian dari Mega Proyek ‘Indonesia Digital Network’ yang mentargetkan lima juta pelanggan broadband dan penyediaan layanan Wi-Fi pada 2013.

"Telkom juga menyediakan perangkat Informasi Teknologi (IT) dengan pola sewa beli bagi pelaku UMKM yang menghadapi kendala ketersediaan sarana," tutur Direktur Enterprise & Wholesale Telkom, Muhammad Awaluddin di Jakarta, Senin (4/2).

Ia menyatakan, PT Telkom menyediakan secara gratis akses ke Internet broadband (termasuk akses Wi-Fi), serta penyediaan layanan Portal, Aplication dan Content (PAC) dengan teknologi Cloud Computing.

"Teknologi Cloud Computing itu meliputi Infrastructure as a Service (IAAS), Platform as a Service (PAAS) dan Software as a Service (SAAS). Sekalian solusi teknologi informasi dan komunikasi ini dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk mempromosikan perusahaan atau produknya dalam melakukan transaksi secara online serta kemudahaan pengelolaan bisnis secara online," sambungnya.

PT Telkom menyediakan dana sedikitnya Rp10 milyar untuk mendukung program ini. Untuk tahun ini ditargetkan 100 ribu pelaku UMKM akan bergabung dalam program INDIPreneur.

Hingga saat ini terhitung sekitar 59 juta penduduk Indonesia bergerak menjadi pelaku UMKM yang memberikan kontribusi sebesar 56,5% dari total GDP (Produk Domestik Bruto) Indonesia. [ikh]

 Sumber : Inilah.com

 

 
 
 
 
Riaupromo.com - situs promosi Riau
 
website